Search

laman

Minggu, 07 November 2010

Norse

Asgard:

Asgard merupakan salah satu dari 9 Dunia yang diciptakan oleh Odin dan saudara2nya. Asgard merupakan rumah bagi para dewa/dewi Aesir. Asgard terdiri dari banyak istana atau aula yg dibangun didalamnya untuk dewa2 tertentu dgn Odin berdiam di aula agungnya, Valaskjalf. Selain itu, Odin juga punya aula agung lainnya, Valhalla. Dinding besar yang mengelilingi Asgard dibangun oleh frost-giant, Hrimthurs. Hanya ada satu jalan masuk ke Asgard yang dikenal dengan nama Bifrost atau Jembatan Pelangi, yang dijaga oleh Heimdall.

Aesir
Aesir merupakan salah satu ras dewa yang tinggal di Asgard. Aesir memiliki musuh utama, yang selalu mereka perangi, yaitu Vanir. Aesir sangat suka dengan perang dan pertempuran, sedangkan Vanir lebih dekat ke alam dan kesuburan. Ketika Aesir dan Vanir berdamai, beberapa dewa/dewi Vanir, seperti Njord, Frey dan Freyr menjadi Aesir.

Awalan As adalah nama tunggal untuk Aesir. Female As disebut Asynia (jamaknya Asynior/Asyniur).

Berikut ini informasi mengenai deities Aesir:

Odin
Penguasa dunia dan pemimpin para Aesir (meskipun ujung-ujungnya mati di Ragnarok). Odin merupakan anak dari raksasa Bor dan Bestla. Selain Valhala, Odin juga punya aula lain yang disebut dengan Valaskialf, yang beratapkan perak murni. Disini terdapat tahtanya yang disebut Hlidskialf, dimana dia bisa melihat seluruh dunia. Tombaknya bernama Gungnir sedangkan cincinnya bernama Draupner (Cincin Kekuatan) yang dibuat oleh kurcaci kembar, Brokk dan Eiti. Odin punya dua serigala yang bernama Freki dan Geri. Dua gagak, Huginn (”Pikiran”) dan Muninn (”Ingatan”), bertugas membawa berita dari seluruh dunia untuknya. Odin memimpin gerombolan penunggang kuda ketika Wild Hunt berlangsung. Mereka berkelana pada malam hari, dari malam musim dingin, 31 Oktober (Liat hubungannya dengan Hallowen?) sampai May Eve, 30 April (Ga’ ngerti artinya), khususnya pada malam perayaan pagan Yule, 21 Desember. Melihat mereka pada saat mereka sedang “jalan-jalan”, bisa berarti itu adalah akhir dari hidupmu.

Ve (Lodur)
Saudara Odin dari ortu yang sama. Dikenal juga dengan Lodur, Lodar atau Lother. Bersama dengan 2 saudaranya yang lain, Odin dan Vili, membunuh raksasa Ymir dan menciptakan dunia.

Vili (Hoenir)
Saudara Odin dan Ve dari ortu yang sama.

Thor
Dewa petir. Thor merupakan anak Odin dengan raksasa wanita, Jörd, Fjörgyn atau Hlódyn (dewi bumi). Wilayah kekuasaannya bernama Thrudvangar dengan 540 apartemen. Thor punya aula dimana dia tinggal, yang disebut Bilskirnir. Thor memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing, Tanngniost dan Tanngrisnir. Thor punya senjata khusus berupa palu yang bernama Mjolnir, buatan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti . Setiap kali Thor melemparkannya ke musuh2nya, palu tersebut selalu kembali ke tangannya. Hal ini disebabkan karena Thor memakai sarung tangan besi ajaib yang bernama Járngreipr. Selain itu, Thor juga punya Megingjarpar (girdle [girdle=korset] of might), yang membuat dia menjadi tidak terlihat. Musuh utama Thor adalah Jörmungand alias Midgard Serpent.

Tyr
Dewa bertangan satu. Kemungkinan anak dari Odin dan Frigg atau raksasa perempuan Fjorgyn. Tyr saudara mudanya Thor.

Heimdall
Dikenal juga sebagai White As. Merupakan anak dari Nine Waves (9 raksasa perempuan yang semuanya bersaudari). Itu artinya Heimdall punya 9 ibu. Nine Waves merupakan anak dari Aegir. Heimdall dikenal juga sebagai Rig, pencipta umat manusia. Nama lainnya Hallinskidi dan Gullintanni. Heimdall adalah penjaga Bifrost. Dia tinggal di aulanya, Himinbjörg (”Cliff of the Hills” atau “Heavenly Fall”) yg terletak di ujung Asgard. Heimdall punya pendengaran dan penglihatan yang super tajam. Dia adalah penjaga yang tidak pernah tidur yang bertugas mencegah para raksasa memasuki Asgard. Pedangnya disebut Hofund (Heimdall’s Head). Seperti Odin, Heimdall juga minum air dari sumur Mimir dan untuk itu dia mengorbankan salah satu telinganya. Pada perang terakhir antara para dewa dan raksasa jahat, dengan menunggang kudanya, Gulltopp dan membawa pedangnya, Hofund, Heimdall dan Loki saling berbunuhan dalam pertempuran.

Loki
Dewa api. Anak dari raksasa Fárbautia (Farbautia, “Cruel-Striker”) dan Laufey (”Tree Island”) atau Nal. Saudara dari Byleist dan Helblindi. Menikah dengan Sigyn, ayah dari Narfi (Narvi) dan Vali (Beda dgn Vali anak Odin dan Rin). Melalui raksasa Angerboda (”Distress Bringer”), Loki menjadi ayah dari Hel, dewi kematian; Jörmungand (Jormungand), sang Misgard Serpent; dan Fenrir, si serigala raksasa. Loki juga menjadi ibu dari Sleipnir melalui kuda jantan Svadilfari. Ceritanya, Loki mengubah dirinya menjadi kuda betina untuk menjauhkan Svadilfari dari pemiliknya, raksasa Hrimthurs, untuk mencegah sang raksasa menyelesaikan pembangunan Asgard. Sebenarnya Loki bukanlah dewa yang jahat. Dia suka membantu para dewa Aesir, namun tidak jarang menimbulkan kesulitan untuk dewa2 tersebut. Loki dikenal sebagai Trickster dan Shape-changer. Sebenarnya Loki adalah frost giant, tetapi sejak menjadi saudara sedarah dengan Odin, Loki menjadi anggota Aesir yang sangat penting. Meskipun tidak ada dewa yang seperti dia, Loki diperkanankan untuk makan di Asgard. Lama kelamaan, Loki menjadi lebih gelap dan sinis, mencerminkan dewa jahat di Asgard sebagai tandiangan para dewa baik. Dia terlibat secara tidak langsung atas kematian Balder dengan menipu Frigg untuk mengetahui apa yang bisa membunuh Balder dan menggunakan Hod, saudara Balder untuk membunuh dewa tersebut. Atas kejahatannya, Loki dihukum dengan dikurung di sebuah gua. Pada saat Ragnarok tiba, Loki memimpin perlawanan terhadap para dewa.

Ull
Dewa keadilan, berburu dan duel. Anak Sif, istri Thor. Ull kemudian menikahi Skadi, mantan istri Njord. Ull tinggal di Ydalir (Yew Dales or Yewdale) di Asgard.

Bragi
Dewa puisi. Anak Odin dan raksasa Gunlod. Istri Bragi adalah Idun, dewi musim semi dan masa muda. Bragi juga merupakan dewa pidato.

Forseti
Dewa keadilan dan hukum. Anak Balder dan Nana.

Vidar
Anak Odin dengan raksasa perempuan Grid. Vidar dikenal sebagai silent god atau silent As karena dia jarang berbicara. Di antara Aesir, dia yang terkuat kedua setelah Thor. Dia tinggal di Brushwood yang bisa jadi itu adalah istananya atau daerah kekuasaannya seperti yang tertulis di Poetic Edda:

Brushwood grows and high grass
widely in Vidar’s land;
and there the son proclaims on his horse’s back
that he’s keen to avenge his father.

Grimmar’s Sayings 17 from the Poetic Edda
translated by Carolyne Larrington

Vidar salah satu yang selamat dari Ragnarok dan berhasil membalas kematian ayahnya dengan membunuh serigala raksasa, Fenrir.

Vali
Anak Odin dengan raksasa perempuan Rind. Vali lahir pada hari yang sama dengan hari kematian Balder. Sebelum usianya mencapai 1 malam, Vali tumbuh menjadi seukuran pria dewasa dan membalas dendam untuk kematian Balder dgn membunuh Hod.

Balder
Dying god(?). Balder adalah dewa kecantikan. Tinggal di istananya yang bernama Breidablik bersama dengan istrinya Nana, anak perempuan Nep. Dari keduanya, lahirlah Forseti. Balder merupakan dewa yang paling dicintai dari seluruh dewa yang ada. Sayangnya, menurut ramalan, Balder akan mati. Karena itu, ibunya, Frigg meminta semua mahluk dan benda yang ada untuk tidak melukai anaknya itu. Sayangnya, dia tidak meminta hal yang sama kepada mistletoe(?) karena menyangka tanaman tersebut tidak mungkin melukai Balder. Cerita selanjutnya, ada dibawah.

Hod
Dewa yang buta, anak dari Odin dan Frigg, saudara Balder. Dia adalah dewa musim dingin dan kegelapan.
Loki menipu Höd dengan melempar mistletoe(?) kepada saudaranya, satu-satunya benda yang bisa membunuh Balder. Vali membalas kematian Balder dengan membunuh Höd.

Hermod
Pembawa pesan para dewa. Anak dari Odin dan Frigg, saudara Balder dan Höd (Hod). Ketika saudaranya yang buta, Hod membunuh saudara mereka, Balder, hanya Hermod yang berani pergi ke dunia bawah, menemui Hel, dewi kematian. Hermod meminta Hel membiarkan balder hidup kembali. Hel menyetujuinya dengan satu syarat bahwa setiap mahluk harus meneteskan paling tidak 1 tetes air mata untuk Balder untuk membuktikan bahwa Balder adalah dewa yang dicintai. Hermod gagal memenuhi persyaratan tersebut setelah seorang raksasa perempuan menolak menangis untuk Balder.

Mirmir
Dewa Aesir yang paling bijak. Selama masa damai antara Aesir dan Vanir berlangsung, kedua belah pihak saling bertukar sandera. Aesir menerima Njörd (Njord) dan Freyr, sementara Vanir menerima Mimir and Hoenir. Mimir mati setelah kepalanya dipenggal oleh para Vanir karena suatu kejadian.

Magni and Modi
Dua anak Thor dari raksasa perempuan Jarnsaxa (Iarnsaxa, “Ironwood”) yang berhasil selamat dari Ragnarök dan mewarisi palu ayah mereka, Mjollnir.

Vanir:
Vanir adalah ras dewa lain setelah Aesir. Vanir lebih berhubungan dengan kesuburan dan kemakmuran. Mereka tinggal di Vanaheim (Vanaheimr atau Vanaland). Vanir dan Aesir adalah musuh satu sama lain dan mereka memiliki perbedaan yang mencolok. Vanir bisa dikatakan sebagai perwujudan cahaya sedangkan Aesir lebih suram dan gelap (karena kesukaan mereka pada perang). Ketika perdamaian tercipta diantara kedua ras dewa ini, kedua belah pihak saling bertukar sandera. Jika Aesir menyerahkan Mimir dan Hoenir, maka Vanir menyerahkan Njord, Freyr dan Freyja. Ketiga Vanir ini kemudian menjadi terkenal dikalangan Aesir, sedangkan Hoenir dan Mimir bernasib tidak terlalu bagus dikalangan Vanir. Sangat sedikit informasi yang diketahui mengenai Vanir, kecuali mengenai Njord, Freyr dan Freyja sendiri. Vanir kemungkinan lebih terkenal di Swedia dimana banyak tempat pemujaan untuk mereka ditemukan. Perbedaan lain yang mencolok antara Vanir dan Aesir adalah bahwa Vanir memberlakukan praktek inses. Hal ini bisa diketahui dari fakta bahwa Njord dan saudarinya yang tidak dikenal (kemungkinan saudarinya itu adalah Nerthus, seorang Germanic Deities) adalah suami istri. Begitu pula anak kembar mereka berdua, Freyr dan Freyja, juga merupakan suami istri. Ketika ketiga Vanir ini tiba di Asgard, mereka bisa menemukan pasangan lain untuk mereka dari kalangan Aesir. Aesir, sudah jelas, tidak menyukai praktek inses.

Para Vanir:

Njord
Dewa angin dan lautan. Merupakan pemimpin para Vanir, sebelum bergabung dengan Aesir. Mengenai dimana dia tinggal, siapa istri dan anak2nya serta kebiasaan para Vanir, sudah dijelaskan diatas. Yang jelas, ketika tinggal di Asgard, Njord menikahi raksasa perempuan Skadi, anak dari Thiassi. Pernikahan mereka berdua tidak berlangsung lama karena suatu perbedaan: Njord suka tinggal di laut, sedangkan Skadi lebih senang tinggal di gunung. Skadi meninggalkan Njord sebelum dia menikah dengan Ull. Menurut Vafthrudnismal (Lay of Vafthrudnir), Njord dikatakan kembali ke Vanaheim ketika Ragnarok tiba. Tidak dijelaskan apakah dia selamat atau tidak.

Freyr
Dewa cahaya, matahari, hujan, pertanian, kesuburan dan kemakmuran. Asal usulnya sudah dijelaskan diatas. Freyr memliki nama lain, Yngvi atau Yngvi-Freyr. Nama lainnya lagi Ingi-Freyr. Hewan keramat Freyr adalah babi dan kurcaci kembar, Brokk dan Eiti membuatkannya seekor babi hutan dengan bulu emas yang bernama Gullinbursti yang berarti bulu emas untuk menarik keretanya. Sturluson juga menyebutkan bahwa babi itu kemungkinan adalah Slidrugtanni, sebagai ganti dari Gullinbursti. Untuk kuda, Freyr juga punya Blodughofi yang banyak melahirkan keturunan2 yang kuat, Atridi, Gils, Falhofnir, Glaer dan Skeidbrimir. Freyr juga punya kapal yang dapat dilipat, buatan Sons Of Ivaldi yang bernama Skidbladnir (Wooden-bladed). Kapal ini dapat menciut menjadi kecil sehingga muat masuk ke kantung ketika Freyr sedang tidak menggunakannya. Freyr menetap di Alfheim dan menjadi pemimpin para Elf. Freyr punya tiga pembantu, Byggvir (”Barley”), Beyla dan pembawa perisainya, Skirnir (”Shining One”). Byggvir dan Beyla muncul di puisi Lokasenna, dari Poetic Edda. Sementara Skirnir muncul di puisi Skirnismal. Diantara Vanir, Freyr adalah yang terkuat dan terberani. Freyr menikah dengan raksasa Gerd, anak dari raksasa Gymir dan Aurboda. Awalnya Gerd tidak mau menikah dengan Freyr. Untuk itu, Freyr meminta bantuan pelayannya, Skirnir untuk membujuk Gerd agar bersedia menikah dengannya. Skirnir meminta pedang ajaib milik Freyr sebagai bayarannya dan Freyr menyetujuinya. Gerd baru setuju menikah dengan Freyr setelah Skirnir mengancamnya akan mengubah sosok Gerd dari wanita cantik menjadi perempuan tua. Keduanya kemudian memiliki anak yang bernama Fiolnir. Freyr memiliki tanduk rusa jantan yang digunakannya untuk membunuh raksasa Beli. Pada saat Ragnarok, Freyr berperang dengan raksasa api, Surt. Tanpa pedang ajaibnya yang sudah diberikannya kepada Skirnir, Freyr hanya bisa menggunakan tanduk rusa jantannya untuk mengalahkan Surt. Sayangnya, Freyr yang harus mati terlebih dahulu.

Freyja
Dewi cinta, kecantikan, kesuburan, sihir, perang dan kematian. Asal usul Freyja sudah dijelaskan diatas dan seperti juga ayah atau pun saudaranya, Freyja adalah seorang Vanir, yang kemudian menjadi seorang dewi utama Aesir. Freyja dikenal dengan julukannya, Vanadis, yang berarti dis of Vanir dimana kata dis adalah kata dalam bahasa Norwegia untuk dewi. Kata ini biasanya digunakan dalam bentuk jamak, disir. Informasi mengenai Freyja terkadang tercampur dengan informasi mengenai Frigg, istri Odin, yang mana nama mereka berdua, Freyja dan Frigg sama-sama berarti Lady. Dengan dewi yang lainpun, informasi mengenai Freyja terkadang tercampur, yaitu dengan Idun, sang penjaga apel awet muda. Freyja digambarkan luar biasa cantik, berambut pirang dan bermata biru. Diceritakan bahwa Freyja menikah dengan seorang dewa bernama Od atau Odur dan menjadi ibu dari dua orang anak perempuan, Nossa atau Hnossa dan Gersimi (Nama kedua anak tersebut sama2 berarti Permata). Bagaimanapun juga, Od secara misterius menghilang dan Freyja berkelana ke seluruh penjuru dunia untuk menemukan suaminya itu sambil meneteskan air mata emas. Setelah suaminya menghilang (Od), dia menjadi “yang tidak pilih-pilih” diantara semua dewi yang ada. Freyja mungkin lebih tepat disebut sebagai dewi se.ks daripada dewi kesuburan. Dia memiliki banyak love affairs, dengan para dewa, manusia, Elf bahkan kurcaci. Freyja sering terlihat sebagai gundik Odin. Loki menuduh Freyja telah tidur dengan semua dewa yang ada di Asgard dan semua Elf di Alfheim (Lokasenna dari Poetic Edda). Loki bahkan menuduh Freyja telah tidur dengan saudaranya sendiri, Freyr. Tetapi baik Freyr maupun Freyja memang suami istri di kalangan Vanir. Freyja juga sangat dicari-carin oleh kalangan Raksasa. Dua raksasa, Hrimthurs dan Thrym ingin menikahi Freyja. Thor membunuh keduanya. Freyja juga sangat menyukai pertempuran dan peperangan. Dia turun ke medan perang dimana dia menerima setengah dari seluruh ksatria yang mati (setengahnya lagi masuk ke Valhalla) yang mana para ksatria ini tinggal di aula agungnya, Fólkvangar (”Battlefield”), didalam istananya Folkvang (”Field of Folk”). Aula Freyja yang lainnya adalah Sessrumnir. Freyja juga sangat menyukai emas dan dia memiliki kalung berharga yang disebut Brisingamen yang diperolehnya dengan tidur dengan 4 kurcaci yang dikenal dengan para Brising (Nama keempatnya kemungkinan adalah Alfrigg, Berling, Dvalin dan Grerr). Odin yang tidak senang dengan tingkah laku Freyja, mengirim Loki untuk mencuri Brisingamen. Penjaga Asgard, Heimdall yang punya penglihatan super, melihat si pencuri. Dia mengejar Loki dan mengembalikan Brisingamen kepada Freyja. Freyja juga mendapatkan hadiah lain berupa mantel dari bulu burung yang membuatnya dapat berubah bentuk menjadi elang. Kereta Freyja ditarik oleh dua ekor kucing (Jelas sudah, kenapa di Sea of Troll dikatakan bahwa kucing adalah hewan keramatnya Freyja). Hewan kesukaannya yang lain adalah babi atau babi hutan. Kekasih manusianya, Ottar, menyamarkan dirinya sendiri sebagai babi hutan perang dengan bulu emas yang bernama Hildesvini. Freyja terkadang disebut Sýr (sow), sebuah julukan(?). Freyja juga dikenal suka berjalan-jalan di pedesaan pada waktu malam dalam bentuk kambing betina. Tambahan, Freyja juga dewi ilmu sihir yang dikenal dengan nama seiðr (seið atau seior). Kecintaannya pada emas dan ilmu sihir membuatnya sering dikira sebagai dewi Vanir yang lain, Gullveig dan si penyhir wanita, Heid yang merupakan reinkarnasi dari Gullveig.

Sif
Dewi jagung dab kesuburan(?). Sif merupakan dewi dengan rambut emas yang indah. Sedikit yang diketahui tentang Sif, selain bahwa dia adalah salah satu dewi Vanir, sama seperti Freyja. Sif adalah istri Thor dan ibu dari Ull. Aslinya, Sif kemungkinan adalah seorang peramal yang bernama Sibyl, yang Snorri Sturluson sebutkan didalam pembukaan Prose Edda. Sibyl ini menikah dengan Tror (Thor), yang ditemuinya di dunia Thrace(?), yang oleh Snorri disebut Thrudheim. Ada sebuah cerita tentang Sif, dimana Loki memotong rambut emas Sif sebagai bentuk leluconnya kepada sang dewi. Thor yang marah karena peristiwa itu, berniat membunuh Loki, jika Loki tidak bisa mengembalikan rambut Sif seperti sedia kala. Loki kemudian pergi menemui para kurcaci, Sons of Ivaldi. Mereka kemudian membuat sebuah wig yang terbuat dari emas. Sihir pada wig tersebut membuat emas tumbuh seperti rambut asli. Cerita lengkapnya ada pada bagian lain, Gifts of the Dwarves.

Idun
Dewi awet muda dan musim semi. Idun adalah penjaga apel awet muda, yang membuat para dewa tetap muda dan abadi.Di dalam Lokasenna, Loki “accused” Idun untuk tidur dengan pembunuh saudara laki-lakinya. Siapa saudara laki-laki Idun ini? Tidak ada yang tahu. Tidak dijelaskan pula, siapa orang tua Idun. Karena itulah, maka kemungkinan Idun awalnya adalah dewi Vanir yang kemudian menjadi dewi Aesir setelah dia menikah dengan Bragi. Sebuah kisah bercerita mengenai raksasa Thiassi, yang membangun Valhalla, menuntut Loki untuk menyerahkan Idun dan apel awet mudanya sebagai bayaran. Loki menculik Idun dan mencuri keranjang Idun yang berisi apel dan menyerahkannya kepada Thiassi. Tanpa apel awet muda, para dewa Aesir mulai menua. Dewa2 Aesir kemudian menuntut Loki untuk membawa kembali Idun dan apelnya. Loki mengubah dirinya menjadi elang dan terbang di atas rumah Thiassi. Dia mengalihkan perhatian sang raksasa sebelum Thiassi masuk ke dalam rumahnya. Kemudian Loki mengubah Idun menjadi kacang dan membawanya pergi. Idun kembali ke Asgard dengan membawa apel awet muda dan para dewa Aesir pun kembali muda.

Gullveig and Heid
Gullveig adalah dewi Vanir dan kemungkinan adalah dewi penyembuhan. Gullveig adalah tipe dewi yang kecanduan pada emas dan hal ini sangat mengganggu para dewa Aesir. Gullveig kemudian diserang tiba2 di aula Odin dan disiksa: ditombak berkali-kali dan dibakar di api besar sampai 3 kali. Bagaimana pun, Gullveig selalu hidup kembali. Vanir yang tidak senang dengan perlakuan terhadap Gullveig kemudian meminta status dan hak yang sama dengan para Aesir. Pihak Aesir menolak dan terjadilah perang antara Vanir dan Aesir yang berlangsung selama 10 tahun, sebelum akhirnya Aesir memenuhi permintaan para Vanir. Sedangkan Heid, dia adalah perwujudan dari Gullveig ketika sanf dewi dibakar di api oleh para Aesir. Heid kemudian mempraktekkan ilmu sihir jenis seiðr.

Kvasir
Yang paling bijak diantara Vanir. Dia lahir dari perpaduan air liur dewa2 Aesir dan Vanir ketika perdamaian tercipta diantara keduanya. Pada waktu itu, Aesir dan Vanir sama-sama meludah ke dalam sebuah bejana. dari sanalah, Kvasir lahir. Kvasir terbunuh oleh dua kurcaci, Fjalar dan Galar yang bosan mendengar ceramahnya. Kedua kurcaci ini mencampur darah Kvasir dengan madu di dalam ketel (Odhrorir) dan membuat mead of poetry. Siapa pun yang meminum mead of poetry ini akan mendapatkan kepandaian atas puisi dan kebijaksanaan. Raksasa Suttung memaksa kedua kurcaci ini untuk memberikan mead of poetry tersebut dan meminta putrinya, Gunnlod untuk menjaga mead of poetry tersebut di gua di Jotunheim. Ketika Odin mendengar tentang benda pusaka tersebut, dia berniat memilikinya untuk dirinya sendiri. Dia bekerja untuk Baugi, saudara Suttung selama 1 tahun dengan menyamar sebagai seorang petani. Odin meyakinkan Baugi untuk membiarkan dirinya minum mead of poetry dengan masuk ke dalam gua dan menggoda Gunnlod untuk membiarkannya minum mead of poetry sampai 3 kali.

Asgard…

Teutonic Deities
Ok, ada yang bertanya, apa hubungannya Teutonic (Bangsa Jerman) dengan Norse? Jawabannya adalah karena bangsa Jerman itu dulunya berasal dari Skandinavia sebelum mereka pindah ke wilayah utara Jerman dan sekitar kawasan Baltic. Hal ini menyebabkan adanya hubungan yang erat antara kepercayaan yang berkembang di antara kedua bangsa. Kepercayaan bangsa Jerman memiliki hubungan yang erat dengan kepercayaan Norse, sama seperti kepercayaan Romawi yang terpengaruh oleh kepercayaan Yunani. Ntar kalo sempet, ak jelaskan soal ini lebih lanjut. Sumber yang digunakan tetap sama, http://www.timelessmyths.com/norse/index.html Untuk bagian ini, infonya ak potong habis2an karena sebagian besar dari kita pastinya lebih familiar dengan dewa-dewi-nya Norse.

Beberapa dewa2 Teutonic:

Wodan
Dewa langit bangsa Jerman kuno. Wodan dikenal sebagai Woden atau Wotan di Saxon dan kemudian menjadi Odin di Norse. Wodan kemudian menjadi sangat terkenal di kalangan Jerman dan menggantikan Tiwaz sebagai dewa langit. Wodan ini adalah Odin-nya bangsa Norse.

Tiwaz
Tiwaz ini adalah Tyr-nya bangsa Norse.

Donar
Donar ini adalah Thor-nya bangsa Norse.

Frija
Frija ini adalah Frigg-nya bangsa Norse.

Baldr
Liat penjelasan soal Balder…

Nerthus
Dewi bumi Jerman Kuno. Sudah ada sejak masa kekaisaran Roma. Sangat terkenal karena dipuja oleh 7 suku Jerman kuno: Reudigni, Aviones, Anglii (Angles), Varini, Eudoses, Suarines and the Huitones.

Germangabis
Dewi suku Suebi yang tinggal disekitar sungai Elbe, Jerman. Diasosiasikan dengan Gefjon, dewi Norse.

Irmin
Dewa perang. Hampir disamakan dengan Tiwaz dan bisa jadi, Irmin merupakan nama lain bagi Tiwaz.

Ing
Dewa leluhur Jerman kuno, Anglo dan Saxon.

Ostara & Eostre
Ostara adalah dewi Jerman kuno untuk matahari dan kesuburan. Sering diasosiasikan dengan datangnya musim semi. Sering disamakan dengan Eostre, dewi Anglo Saxon untuk kesuburan. Hal ini dimungkinkan karena nama mereka berdua yang pada dasarnya sama, Ostara dan Eostre. Saint Bede the Venerable menulis bahwa perayaan Christian Easter berasal dari nama Eostre yang berlangsung pada hari yang sama dengan perayaan Ostara di Jerman, hanya saja kemudian tanggalnya diubah. Tradisi Paskah modern, seperti telur paskah dan kelinci Paskah juga berasal dari perayaan pagan. Kelinci adalah hewan keramat Eostre, simbol dari kesuburan. Begitu juga dengan telur, simbol dari kesuburan dan datangnya musim semi. Warna putih pada telur mengindikasikan kemurnian.

raksasa…

Giants
Raksasa, musuh utama para dewa Aesir. Di dunia Norse, raksasa disebut dengan []Jotun[] atau []Iotun[]. Ada
beberapa tipe raksasa, namun yang paling umum adalah Frost Giant. Mereka tinggal di Jotunheim,
salah satu dari sembilan dunia. Ibukota Jotunheim adalah Utgard, benteng para frost giant dan rumah bagi Utgard-Loki atau Utgardaloki. Jotunheim adalah dunia yang besar namun hampa, kosong dari bentuk2 geografis fisik. Yang diketahui mengenai tanah raksasa ini adalah Jotunheim terletak di timur Midgard, dipisahkan oleh sungai2 dan hutan yang disebut dengan Jarnvid (Iron Wood). Jarnvid dihuni oleh troll-wives yang dikenal sebagai Jarnvidjur, dimana mereka adalah keturunan raksasa dalam bentuk serigala. Jotunheim terdiri dari banyak tempat selain Utgard. Raksasa Hrungnir tinggal di perbatasan Jotunheim, yang disebut dengan Griotunagardar. Raksasa Thiassi tinggal di pegunungan yang disebut Thrymheim, bersama dengan anak perempuannya, Skadi. Jenis raksasa lainnya adalah raksasa api yang tinggal di Muspelheim. Raksasa api Surt menjadi pemimpin disana. Perlu dicatat bahwa beberapa raksasa perempuan kemudian didewakan karena hubungan mereka dengan para dewa2. Mereka, antara lain adalah Jord, Grid, Gerd dan Rind. Para raksasa perempuan ini kemudian menjadi Asyniur. Kebanyakan dewa2 Aesir berasal dari keturunan para raksasa. Paling sedikit salah satu orang tua mereka adalah raksasa. Contohnya Odin, Thor, Tyr dan Heimdall. Mungkin yang paling penting/terkenal mengenai hal ini adalah keberadaan Loki. Kedua orang tuanya adalah raksasa, namun dia sendiri menjadi dewa Aesir. Loki kemudian menjadi pemimpin para raksasa ketika Ragnarok tiba.

Para raksasa:

Ymir
Raksasa pertama. Para frost giant menyebutnya Aurgelmir. Ymir merupakan mahluk pertama yang
tercipta di alam semesta. Ymir adalah ayah dari ras frost giant. Para frost giant lahir dari keringat yang berasal dari ketiak Ymir.Pertama-tama, Ymir menjadi ayah dari seorang raksasa yang tidak dikenal yang punya enam kepala yang diberi makan oleh sapi raksasa, Audumla. Audumla menemukan makanan dengan menghisap bebatuan. Batu ini kemudian menjadi berbentuk seperti manusia, kemudian menjadi dewa pertama, Buri. Buri menjadi ayah dari dewa utama lainnya, Bor. Bor dan Bestla kemudian menjadi orang tua dari 3 dewa, Odin, Vili dan Ve. Odin dan kedua saudaranya, kemudian membunuh Ymir. Mereka menggunakan tubuh Ymir untuk menciptakan dunia. Tulangnya digunakan untuk menciptakan langit dan alisnya digunakan untuk menciptakan Midgard atau Middle Earth, rumah bagi umat manusia. Ymir juga menjadi ayah dari Thrudgelmir dan kakek dari Bergelmer.

Buri
Leluhur para dewa. Masih diperdebatkan apakah Buri termasuk golongan raksasa atau dewa.

Bor
Dewa utama. Anak dari Buri. Bor kemungkinan lebih tepat disebut sebagai dewa daripada raksasa. Dia menikah dengan Bestla dan menjadi ayah dari Odin, Vili dan Ve.

Bergelmer
Anak dari Thrudgelmir dan cucu dari Ymir. Ketika dewa membunuh Ymir, darahnya membanjiri dunia, menenggelamkan semua frost giant kecuali Bergelmer dan istrinya. Selamat dari banjir besar, Bergelmer kemudian menjadi leluhur dari ras frost gaint.

Surt
Raksasa api. Tinggal di Muspelheim (negeri api) yang dikatakan ada di selatan. Disana Surt menjadi pemimpinnya. Pada saat Ragnarok, Surt yang membunuh Freyr, dewa pertama yang gugur. Surt mengakhiri perang dengan membakar habis 9 dunia. Hampir tidak ada mahluk hidup yang bertahan.

Vafthrudnir
Raksasa yang paling bijaksana, menurut salah satu puisi dari Poetic Edda, Vafthrudnismal (”Vafthrudnir’s Sayings”). Selain info yang mengatakan bahwa dia adalah anak dari raksasa Im, tidak banyak yang diketahui mengenai dirinya. Vafthrudnir tidak disebutkan di puisi manapun. Vafthrudnir pernah terlibat dalam permainan tanya jawab antara dirinya dan Odin. Pada saat itu, Odin menyamar sebagai seorang pengelana yang menyebut namanya sebagai Gagnrad dan menantang kebijaksanaan yang dimiliki oleh Vafthrudnir. Sang raksasa menerima tantangan tersebut dan baru menyadari bahwa lawannya itu adalah Odin di akhir permainan, ketika dia tidak bisa menjawab pertanyaan dari Odin.

Hrimthurs
Raksasa yang membangun dinding disekeliling Asgard. Pemilik dari kuda ajaib, Svadilfari. Hrimthurs mengatakan bahwa dia bisa menyelesaikan pekerjaannya hanya dalam waktu enam bulan. Jika dia berhasil, maka Freyja harus menjadi istrinya. Begitu pula bulan dan matahari harus diserahkan kepadanya. Akibat perbuatan Loki, dia kalah dalam taruhan tersebut. Thor kemudian membunuhnya.

Thrym
Pemimpin para raksasa di Jotunheim. Suatu ketika Thrym mencuri palu ajaib milik Thor, Mjolnir. Dia mengatakan bahwa dia akan mengembalikan palu itu kepada Thor jika Freyja mau menjadi istrinya (Kenapa selalu Freyja ??? ?). Thor kemudian menyamar menjadi Freyja dan pergi ke Jotunheim. Disana dia ditemani dengan Loki. Disana, Thrym dan raksasa lainnya terpaku melihat ulah Freyja palsu ini. Dia memakan seekor lembu, 8 salmon dan 3 tankards of mead(?) besar. Loki membuat alasan licik dengan mengatakan bahwa Freyja palsu tersebut tidak makan selama 8 hari karena begitu terkejutnya akan menikah dengan raja para raksasa. Thrym kemudian mencoba mengintip ke balik kerudung Freyja palsu tersebut. Sekali lagi Thrymn dikejutkan dengan api yang keluar dari mata Freyja palsu (Thor). Sekali lagi, Thrym meminta penjelasan, Loki menjawab bahwa Freyja sangat terpesona dengan pernikahan itu. Ketika Thrym meletakkan Mjolnir di pangkuan pengantin wanitanya, Thor keluar dari penyamarannya dan menyerang Thrym. Dia membunuh sang raja raksasa dan seluruh raksasa yang ada di tempat itu.

Hrungnir
Seorang raksasa dari Griotunagardar, daerah perbatasan Jotunheim. Hrungnir menyatakan bahwa dia adalah raksasa terkuat di dunia. Kepala dan jantungnya terbuat dari batu. Hrungnir memiliki seekor kuda bernama Gullfaxi (”Golden Mane”), kuda tercepat di Jotunheim, tetpai Odin mengatakan bahwa Sleipnir-nya lebih hebat. Perkataan Odin ini menyebabkan Hrungnir menyatakan bahwa dia dia akan datang ke Valhalla dari Jotunheim, menghancurkan Asgard dan semua dewa Aesir kecuali Freyja dan Sif, yang akan diambilnya sebagai gundik. Thor kemudian menantangnya dalam duel. Hrungnir lalu datang ke Asgard tanpa senjata. Dia berkata bahwa Thor harus menemuinya di Griotunagardar. Di sana, para raksasa yang lainnya membuat persiapan menghadapi Thor dengan membuat raksasa dari lumpur yang disebut Mokkurkalfi. Mereka berharap dapat menggunakan raksasa buatan ini untuk menakut-nakuti Thor. Mokkurkalfi memiliki ukuran yang luar biasa besar, tinggi 9 leagues dan lebar 3 leagues. Bersenjatakan batu asahan besar, Hrungnir melemparkannya ke arah Thor. Meskipun Mjolnir menghancurkan batu asahan tersebut menjadi tinggal setengah, salah satu serpihan dari pecahan batu menyangkut di kepala Thor. Mjolnir juga menghancurkan kepala batunya Hrungnir sehingga sang raksasa mati dan menimpa leher Thor. Thor tidak bisa memindahkan tubuh Hrungnir dari badannya, namun Magni berhasil. Kemudian Thor memberikan Gullfaxi kepada Magni.

Hymir
Frost Giant. Hymir adalah ayah dari dewa perang Tyr.

Geirrod
Frost Giant. Merupakan ayah dari dua raksasa perempuan Gialp (”Yelper”) dan [Greip (”Gripper”). Geirrod dan kedua anaknya berusaha membunuh Thor. Meskipun Geirrod telah mengusahakan agar Thor tidak membawa senjatanya, namun Thor mendapatkan senjata lain dari Grid yang digunakan oleh sang dewa petir untuk membunuh Geirrod beserta kedua anaknya.

Thiassi
Frost Giant. Merupakan anak tertua dari Olvaldi atau Allvaldi dan saudara dari Idi dan Gang. Ayahnya sangat kaya dan tinggal di Thrymheim. Ketika ayah Thiassi meninggal, tanah tersebut dibagi untuk ketiga bersaudara tersebut. Thiassi memiliki kemampuan berubah menjadi elang. Dia juga punya seorang anak perempuan yang cantik bernama Skadi. Thiassi adalah raksasa yang menculik Idun, penjaga apel awet muda yang dilakukannya dengan bantuan Loki. Loki kemudian dipaksa untuk menyelamatkan Idun. Thiassi kemudian mengikuti Loki ke Asgard dalam bentuk seekor elang raksasa, tetapi langsung dibunuh oleh para Aesir begitu dia melewati dinding Asgard. Skadi yang ingin membalas dendam atas kematian ayahnya mendapat tawaran damai dari para Aesir. Dia boleh memilih suami dari kalangan Aesir. Odin juga mengambil mata Thiasii dan melemparkannya ke langit dan dua bintang baru pun tercipta.

Suttung
Frost Giant. Suttung (”Sup Heavy”) merupakan anak dari raksasa Gilling. Ketika dua kurcaci, Fjalar dan Galar membunuh orang tuanya, Suttung berniat membunuh kedua kurcaci tersebut sebagai bentuk balas dendam. Suttung bersedia melepaskan keduanya, tetapi imbalannya adalah Mead Of Poetry. Suttung kemudian memerintahkan anak perempuannya, Gunnlod untuk menjaga benda pusaka tersebut. Cerita selanjutnya baca bagian Gunnlod di bawah. Ketika Odin melarikan diri ke Asgard, Suttung mengejarnya dalam wujud seekor elang, namun Suttung tidak berhasil mengejar Odin. Dia pun tidak bisa mengembalikan Mead Of Poetry ke keadaan semula.

Hrym
Di dalam mitologi Norse tentang Ragnarok, Hrym adalah raksasa yang menjadi kapten dan mengemudikan kapal Naglfar. Naglfar dibuat dari kuku orang mati yang tidak dipotong(?). Hrym akan membawa para Frost Giant dari Jotunheim ke dataran Vigrid

Aspilian
Raksasa yang tinggal di hutan dan pegunungan dari Lungbardi (Lombardy), yang muncul di Thidrekssaga (c. 1200). Aspilian meneror beberapa daerah pertanian yang dimiliki oleh sebuah biara. Aspilian telah menantang orang-orang di biara tersebut untuk menghadapinya, jika para rahib di biara itu ingin tanah mereka dikembalikan. Pada waktu itu, seorang pahlawan, Heimir sedang singgah di biara tersebut untuk menebus dosa masa lalunya. Heimir, sekali lagi mencabut pedangnya yang bernama Naglhring dan membunuh Aspilian. Heimir bertemu kembali dengan teman lamanya, Thidrek, ketika sang raja mendengar bahwa Heimir telah berhasil membunuh Aspilian.

Bestla
Raksasa perempuan. Merupakan anak perempuan dari raksasa Bolthor. Bestla kemudian menikah dengan dewa utama yang bernama Bor, putra Buri. Dia adalah ibu dari Odin, Vili dan Ve.

Angerboda
Frost Giant. Melalui Loki, dia adalah ibu dari Hel, Midgard Serpent (Jormungand) dan Fenrir, si serigala raksasa.

Skadi
Frost Giant. Skadi adalah anak perempuan dari Thiassi dari pegunungan Thryheim. Ketika ayahnya dibunuh oleh para Aesir, Skadi hendak berperang dengan pihak Aesir. Pihak Aesir kemudian melakukan perjanjian damai hanya jika mereka bisa membuat Skadi tertawa dan Skadi boleh memilih suami diantara para dewa Aesir yang ada. Loki dengan muda membuat Skadi tertawa namun memilih suami merupakan situasi yang lebih sulit. Karena itu, Skadi akan memilih suaminya berdasarkan kakinya. Awalnya, Skadi mengira bahwa dia memilih Balder karena kakinya yang indah. Ternyata suami barunya justru Njord. Pernikahan antara Skadi dan Njord tidak berlangsung lama karena perbedaan tempat tinggal favorit keduanya yang berbeda jauh, satu di laut sementara yang lain ada di pegunungan. Karenanya kemudian mereka bercerai. Skadi kemudian menikah dengan Ull. Sama seperti Gerd atau pun raksasa perempuan lainnya, Skadi kemudian menjadi Asyniur, dewi pegunungan, ski dan sepatu salju. Terkadang Skadi dianggap sebagai ibu dari Freyr dan Freyja. Yang benar bahwa dia hanyalah ibu tiri mereka berdua.

Grid
Frost Giant. Grid (”Damai”) adalah seorang raksasa perempuan yang bersahabat yang memperingatkan Thor akan pengkhianatan Geirrod. Suatu ketika Thor pergi ke rumah Geirrod tanpa senjata, karena Loki telah menyarankan Thor untuk meninggalkan Mjolnir di istananya. Grid kemudian memberikan Thor tongkat sihirnya (Grídarvöl), begitu juga dengan sebuah sarung tangan besi (Járngreipr) dan sebuah korset (Megingjord). Thor menggunakan hadiah pemberian Grid ini untuk mengalahkan Geirrod beserta dengan anak perempuannya yang jahat. Grid adalah ibu dari Vidar melalui Odin.

Gerd
Raksasa perempuan yang menjadi istri Freyr. Gerd adalah putri dari raksasa gunung Gymir dan Aurboda. Gerd memiliki saudara yang tidak bernama yang mati terbunuh. Freyr bisa jatuh cinta pada Gerd setelah dewa itu duduk di Hlidskialf, tahta Odin yang ada di salah satu aulanya, Valaskialf. Tahta ini memungkinkan setiap orang melihat seisi dunia, tidak peduli berapa pun jauh jaraknya. Freyr kemudian mengutus pelayannya, Skirnir untuk merayu Gerd agar mau menikah dengan Freyr. Awalnya, Skirnir menawarkan berbagai hadiah untuk Gerd. Namun semua ditolaknya, bahkan ketika Skirnir mengancam akan memenggal kepalanya dengan menggunakan pedang Freyr. Gerd baru mau menerima tawaran Skirnir ketika Skirnir mengatakan akan mengutuk Gerd dengan mengubah dirinya menjadi seorang wanita yang jelek. Gerd berjanji akan menemui Freyr di sebuah hutan kecil yang disebut Barri. Meskipun cerita tersebut tidak pernah menjelaskan apakah keduanya jadi menikah, banyak penulis yang menyebutkan bahwa keduanya kemudian memiliki anak yang diberi nama Fiolnir. Gerd kemudian menjadi dewi cahaya, seorang Asyniur, sama seperti raksasa perempuan Skadi yang juga menjadi Asyniur.

Jarnsaxa
Raksasa perempuan. Jarnsaxa or Iarnsaxa adalah ibu dari Magni dan Modi melalui Thor. Sedikit yang diketahui mengenai sosok yang satu ini, kecuali bahwa dia adalah saingan Sif dalam memperebutkan cinta Thor. Orang tuanya tidak diketahui. Namanya sendiri berarti “Iron Sax” dan muncul di daftar para raksasa perempuannya Sturluson.

Gunnlod
Seorang raksasa perempuan. Gunnlod atau War Summon adalah anak perempuan raksasa Suttung. Gunnload adalah penjaga Mead Of Poetry. Ketika ayahnya mendapatkan benda pusaka tersebut, dia meminta Gunnlod untuk menjaganya di dalam gua. Ketika Odin berhasil masuk ke dalam gua tersebut, Gunnlod mengizinkan sang dewa untuk meminum Mead Of Poetry tersebut, tetapi dengan syarat Odin harus bersedia tidur dengannya (Apa-apaan ini?). Jadi, Odin tidur dengan Gunnlod selama 3 malam dan Odin pun berhasil mendapatkan keinginannya.

Fenia & Menia
Dua raksasa perempuan yang bekerja sebagai budak kepada raja Denmark, Frodi seperti yang tertulis di dalam puisi Grottasong atau “Song of Hand-Mill” dari Poetic Edda, namun Snorri Sturluson juga memasukkan versinya sendiri untuk cerita tersebut, kematian Raja Frodi. Frodi adalah anak dari Fridleif dan cucu dari Skiold. Skiold adalah pendiri dinasti Danish, dikenal sebagai Skioldungs. Skiold adalah anak Odin. Frodi adalah raja yang terkenal karena berhasil membawa “Frodis’ Peace” di negara2 utara. Frodi hidup di masa Kristus. Dia tinggal di Denmark yang waktu itu dikenal dengan nama Gotland. Frodi juga berhasil membawa kemakmuran untuk kerajaannya. Rahasia dibalik itu semua karena Frodi telah membeli dua budak dari raja Swedia, Fiolnir. Kedua budak ini dipekerjakan di penggilingan. Penggilingan ini dapat menghasilkan apa pun, termasuk emas. Itu sebabnya kerajaan Frodi selalu kaya. Dan yang bekerja di penggilingan itu tidak lain tidak bukan adalah si dua raksasa perempuan, Fenia dan Menia yang bekerja tanpa istirahat, menghasilkan barang demi barang. Kedamaian yang dihasilkan oleh Frodi akhirnya usai ketika dia dibunuh oleh Mysing, raja viking. Kematian Frodi tidak mengubah nasib Fenia dan Menia. Mereka tetap menjadi budak dengan bekerja di penggilingan yang ada di dalam kapal Mysing. Hal ini disebabkan karena Mysing lebih tertarik pada garam daripada emas. Karena harus bekerja tanpa henti, Fenia dan Menia akhirnya membuat garam yang banyak, yang karena banyaknya akhirnya menenggelamkan kapal Mysing dan seluruh isinya, termasuk kedua raksasa perempuan itu. Puisi menjelaskan inilah alasannya kenapa air laut itu memiliki rasa asin.

Bagian kelima sudah tiba, Elf dan Kurcaci…

Of Dwarves and Elves
Kurcaci dan Elf adalah mahluk2 ajaib yang muncul di mitologi Norse. Ak kira kita sudah tau tentang dua mahluk ini, jadi langsung saja masuk ke pembahasan utamanya. Ada tiga bahasan utama yang terdapat dalam bagian ke5 ini, yaitu Kurcaci, Elf dan Mahluk Ajaib Lainnya. Kita mulai dengan yang pertama.

Kurcaci
Kurcaci sering muncul di dalam legenda Norse dan juga Jerman. Mereka tinggal di Nidavellir, salah satu dari sembilan dunia ciptaan dewa meskipun mereka kelihatannya juga tinggal di Midgard, dunia manusia. Menurut Prose Edda, kurcaci tercipta dari belatung-belatung yang memakan daging raksasa Ymir yang sudah mati. Belatung2 ini kemudian berubah menjadi kurcaci. Kurcaci pertama bernama Modsognir sementara yang lainnya bernama Durin. Ada jenis kurcaci lain yang disebut black elves atau Svartálfar, yang tinggal di Svartalfheim. Jangan bingung walaupun sebutannya adalah black elves, namun mereka tetap merupakan bagian dari kurcaci. Black elves tinggal di bawah tanah. Para kurcaci adalah pandai besi yang hebat, dimana mereka membuat benda-benda ajaib untuk para dewa dan para hero. Bagaimanapun, para kurcaci juga punya reputasi buruk karena mereka digambarkan sebagai pencuri yang rakus.

Nama-nama kurcaci:

Modsognir and Durin
Modsognir (”Frenzy Roarer”) dan Durin (”Sleepy”) adalah dua kurcaci pertama yang lahir ke dunia. Voluspa, dari Poetic Edda menyebutkan bahwa mereka lahir dari darah dan tulang Blain (Blain kemungkinan adalah nama lain dari Ymir).

Lofar
Lofar muncul sebagai salah satu kurcaci yang pertama kali lahir, yang keturunannya menetap di Ioruvellir (Iara’s Plain). Dvalin, salah satu pemimpin bangsa kurcaci, merupakan keturunan Lofar.

Dvalin
Seorang kurcaci (Apakah kurcaci itu orang ???). Nama Dvalin beberapa kali disebutkan di dalam Poetic Edda. sebagaimana juga di Prose Edda. Dvalin merupakan pemimpin para kurcaci.

Di Voluspa, para kurcaci merupakan keturunan Dvalin dan anak perempuannya. Puisi ini juga mengatakan bahwa para kurcaci ini merupakan orang-orang Lofar yang mengindikasikan bahwa Dvalin dan keturunannya berasal dari kurcaci Lofar.

Sons Of Ivaldi
Para Kurcaci. 4 anak Ivaldi adalah para master seni pengrajin. Atas saran dari Loki, mereka membuat 3 benda pusaka untuk para Aesir. Yang pertama adalah wig emas untuk Sif. Yang kedua adalah kapal yang bisa dilipat untuk Freyr dan yang ketiga adalah tombak yang tidak terlihat, Gungnir, untuk Odin.

Brokk & Eiti
Brokk dan Eiti (Sindri) adalah sepasang kurcaci bersaudara. Mereka master pengrajin yang menciptakan benda pusaka untuk Gullinsbursti Freyr, Draupnir untuk Odin dan Mjolnir untuk Thor. Brokk dan Eiti merasa tersaingi dengan kemampuan pengrajin yang dimiliki oleh Sons of Ivaldi. Loki menghasut keduanya dengan mengatakan kepada Brokk dan Eiti bahwa mereka tidak bisa membuat sesuatu yang sehebat buatan Sons of Ivaldi. Taruhannya adalah kepala Loki jika mereka bisa menghasilkan sesuatu yang lebih hebat. Aesir kemudian merasa sangat senang dengan hadiah dari Brokk dan Eiti. Loki kalah dalam taruhan yang dibuatnya sendiri. Meskipun demikian, para dewa menolak untuk menyerahkan kepala Loki. Tetapi para dewa setuju untuk membiarkan Brokk menjahit mulut Loki. Ketika Loki mencoba untuk melarikan diri, Thor membawa Loki kembali dan Brokk pun menjahit mulut Loki dengan kawat.

Brisings
Dikenal juga dengan nama Bristlings. Merupakan 4 kurcaci bersaudara. Nama-nama mereka adalah Alfrigg, Berling, Dvalin and Grer. Keempat kurcaci inilah yang bertanggungjawab membuat sebuah kalung emas yang sangat indah yang dikenal dengan Brisingamen. Begitu indahnya, sampai2 Freyja menginginkan kalung itu untuk dirinya sendiri. Cerita mengenai Freyja dan Brisingamen terdapat dalam Sottr Thattr, yang ditulis sekitar tahun 1400. Pada waktu itu, Freyja adalah gundik favorit Odin. Tidak diketahui apa yang istimewa dari Brisingamen, tetapi kemungkinan bahwa kalung itu bisa mempercantik pemakainya. Namun, seperti yang sudah diketahui, Freyja adalah wanita/dewi tercantik di seluruh dunia. Pada suatu malam, dia bangun dari tidurnya dan keluar dari istananya. Dia berjalan menuju ke hutan dan datang ke sebuah gua dimana dia mendengar ada kurcaci yang sedang bekerja membuat sebuah perhiasan. Loki secara diam-diam mengikuti sang dewi, memata-mati Freyja. Ketika Freyja melihat Brisingamen, dia jadi terobsesi pada keindahan kalung emas itu. Para kurcaci menolak untuk memberikan kalung itu kepada Freyja, meskipun sang dewi menawarkan emas dan perak sebagai pertukaran. Para Brising hanya bersedia memberikan kalung itu kepada Freyja jika sang dewi setuju untuk tidur dengan setiap dari kurcaci itu (Para Brising tahu bagaimana memanfaatkan kesempatan). Karena sudah begitu terobsesinya pada Brisingamen, Freyja menyetujui syarat para kurcaci itu. Empat malam, dia menghabiskan waktunya dengan tidur bersama para kurcaci itu, satu per satu tiap malam. Loki yang melihat kecerobohan Freyja melaporkan hal tersebut kepada Odin. Odin marah terhadap Freyja karena sang dewi bertindak seperti “whore” (Buka kamus jika tidak tahu artinya) yang menjual dirinya demi Brisingamen. Odin memerintahkan Loki untuk mencuri Brisingamen dari Freyja. Hampir semua orang, bahkan dewa atau raksasa sekalipun, tidak peduli seberapa kuatnya mereka, bisa masuk ke istana Freyja yang dikenal dengan nama Sessrumnir, tanpa adanya izin dari sang dewi. Loki bisa masuk ke Sassrumnir dengan mengubah dirinya menjadi kutu. Pada saat itu, Freyja sedang tertidur sambil mengenakan Brisingamen. Dengan akalnya, Loki yang masih menjadi kutu berhasil melepaskan kalung itu dari leher Freyja. Ketika Freyja bangun, dia menemukan bahwa Brisingamen telah hilang. Lebih jauh, dia tahu bahwa pencurinya adalah Loki. Freyja pun tahu bahwa Loki tidak mungkin melakukan hal itu jika tidak mendapat perintah dari Odin. Freyja pergi menemui Odin dan melayangkan protes agar Odin mengembalikan Brisingamen ketangannya. Freyja mengatakan bahwa Odin adalah dewa yang tidak terhormat karena telah mengambil kalung Freyja. Odin membalasnya dengan mengatakan bahwa Freyja lah yang tidak terhormat karena bersedia tidur dengan empat kurcaci hanya untuk mendapatkan kalung tersebut. Odin bersedia mengembalikan Brisingamen kepada Freyja dengan syarat bahwa Freyja harus berhasil menyebabkan terjadinya perang diantara dua raja manusia. Freyja tidak punya pilihan lain jika dia ingin kalungnya kembali.

Perang yang dimaksud berkaitan dengan seorang wanita yang bernama Hild, antara Hogni, raja Norway dan Hedin Hjarrandason yang dikenal juga dengan nama Hjadningavig pada beberapa sumber yang berbeda. Menurut Snorri Sturluson yang mendasarkan pendapatnya berdasarkan cerita yang terdapat di Lay of Ragnar (Ragnarsdrapa), yang ditulis oleh seorang penulis sajak bernama Bragi pada abad ke 9. Hogni memiliki seorang anak perempuan bernama Hild, yang telah diculik oleh Hedin ketika Hogni sedang tidak ada di kerajaannya. Ketika Hogni kembali dan menemukan bahwa Hedin telah mendatangi kerajaannya dan menculik Hild, dia menyiapkan pasukannya untuk menyerang Hedin. Hogni mengetahui bahwa Hedin dan Hild ada di Orkney. Hild berusaha mendamaikan Hedin dan ayahnya karena sekarang dia adalah istri Hedin sekarang. Hild berusaha membujuk ayahnya agar tidak berperang dengan suaminya, tetapi Hogni menolaknya. Ketika kedua pasukan siap untuk berperang, Hedin menawarkan kekayaannya sebagai ganti rugi, agar perang tidak jadi dilakukan. Hogni mengatakan bahwa sudah terlambat buat perdamaian karena dia telah mencabut pedangnya, Dainsleif dan pedang itu tidak bisa disarungkan lagi sebelum pedang itu mencicipi darah manusia. Jadi, pada hari itu mereka berperang sampai malam. Kedua pihak mundur ke kamp masing-masing, meninggalkan yang gugur di belakang mereka. Hild berjalan diantara yang mati dan dengan sihirnya, dia menghidupkan kembali para prajurit yang telah gugur itu untuk kembali bertempur keesokan harinya. Paginya, prajurit yang telah mati itu bertempur kembali bersama dengan yang masih hidup sampai malam tiba, menghentikan pertempuran. Sepanjang malam, Hild menggunakan sihirnya kembali untuk melakukan hal yang sama dengan yang dilakukannya pada malam sebelumnya. Hal ini terjadi terus menerus. Jika ada prajurit yang mati, maka dia akan hidup kembali keesokan harinya untuk bertempur kembali. Kedua belah pihak telah dikutuk untuk terus berperang sampai tibanya Ragnarok. Perang yang tanpa akhir ini merupakan ulah Freyja sebagai upaya untuk mendapatkan kembali kalungnya.

Cerita mengenai Brisingamen ini memiliki beberapa versi yang terdapat di beberapa tulisan yang jauh lebih awal dari Sorla Thattr. Di Prose Edda yang ditulis Snorri Sturluson, Brisngamen disebutkan beberapa kali. Dikatakan bahwa Freyja adalah pemilik Brisingamen. Juga disebutkan mengenai Hjadningavig, tetapi tidak seperti di Sorla Thattr, pada versi Snorri, tidak ada kaitan antara peristiwa pencurian Brisingamen dengan pertempuran abadi antara dua raja manusia. Lebih lanjut, cerita mengenai Loki yang mencuri Brisingamen juga memiliki perbedaan dari versi Sorla Thattr. Disebutkan bahwa ketika Loki berusaha kabur dari Sessrumnir, Heimdall melihat sang pencuri. Heimdall kemudian mengejar dan menangkap Loki. Keduanya bertarung di Singastein. Heimdall mengembalikan kalung yang dicuri kepada Freyja. Berdasarkan Thrymskvida, sajak yang ada pada Poetic Edda, dikatakan mengenai peristiwa dicurinya Mjolnir milik Thor oleh Thrym. Ceritanya sudah dijelaskan di halaman para raksasa. Yang tidak dijelaskan bahwa Thor meminjam Brisingamen dari Freyja agar samaran Thor terlihat seperi aslinya.

Fjalar dan Galar
Keduanya adalah kurcaci yang membunuh dewa Vanir Kvasir. Mereka menciptakan Mead of Poetry dengan mencampur darah Kvasir. Mead tersebut disimpan di dua tong, Bodn dan Son dan sebuah periuk bernama Odrerir. Cerita mengenai kedua kurcaci ini berhubungan langsung dengan cerita raksasa Suttung.

Andvari
Kurcaci yang muncul di Volsunga Saga. Andvari memiliki kemampuan untuk merubah dirinya menjadi salmon. Advari memiliki harta karun yang terdiri dari beberapa baju perang ajaib seperti Helm of Awe dan Gold Byrnie (Brynie artinya corselet atau cuirass yang dikenakan oleh orang-orang Norse/Vikings). Andvari juga memiliki cincin emas yang bisa membuat pemakainya menemukan emas lain karena cincin itu bereaksi terhadap logam-logam mulia. Timbunan harta karun Andvari kemudian dikenal dengan nama Ottergild (”Otter’s Ransom”). Harta karun ini kemudian menjadi milik Hreidmar sebelum dia kehilangan nyawa serta hartanya oleh anaknya, Fafnir. Kemudian, harta tersebut jatuh ke tangan Sigurd, ketika sang pahlawan membunuh Fafnir, sebelum akhirnya jatuh ke tangan Giukings (Gunnar dan Hogni). Giuking kemudian mengubur harta tersebut di suatu tempat di Rhine untuk menyembunyikannya dari Atli. Harta itu tidak pernah ditemukan lagi.

Benda pusaka yang paling berharga buatan Andvari adalah sebuah cincin emas, Andvaranaut, tetapi kurcaci itu mengutuk siapa pun yang memakai cincin tersebut. Cincin itu jatuh ke tangan Fafnir, sampai kemudian diambil oleh Sigurd. Awalnya, dia memberikan cincin itu kepada Brynhild, sebelum diambilnya kembali dan diberikannya kepada istrinya, Gudrun. Gudrun menggunakan cincin tersebut sebagai bukti bahwa Sigurd-lah yang melewati api demi Brynhild, sampai dua kali, bukan saudaranya, Gunnar, seperti yang Brynhild pikirkan sebelumnya. Bukti ini membawa kematian kepada Sigurd dan Brynhild. Cerita lebih lanjut ada di bagian lain. Gudrun masih memiliki cincin tersebut, ketika dia dijebak untuk menikah dengan Atli. Gudrun mengirimkan cincin itu kepada saudara laki-lakinya, Gunnar sebagai tanda untuk tidak datang ke wilayah Atli, karena Atli sangat terobsesi dengan harta Sigurd. Gudrun mengukir tulisan rune sebagai peringatan dan membungkus cincin emasnya dengan helaian bulu serigala. Gunnar dan Hogni masih saja datang menemui Atli, menghiraukan peringatan dari Gudrun. Keduanya ditangkap dan dibunuh. Andvaranaut memang selalu dikelilingi oleh penderitaan dan kematian. Cincin terkutuk.

Alberich
Seorang kurcaci di mitologi Jerman yang muncul di sajak epik atau saga yang berjudul Nibelungenlied. Alberich adalah bendaharawan pertama dari raja Nibelung I, yang namanya dijadikan nama wilayahnya, Nibelungland dan orang-orang yang tinggal disana disebut Nibelungs.

Elf
Disebut juga álfar. Mereka adalah mahluk mitologi namun tingkatnya lebih rendah. Mereka bukan dewa namun memiliki kekuatan. Mereka sejenis dengan mahluk mitologi Romawi, seperti Penates dan Lares yang dipuja oleh orang-orang agar mereka mau menjaga rumah mereka dan seisinya. Orang-orang juga berdoa kepada para Elf untuk kesembuahn, seperti dalam kasus Kormak dalam Kormaks Saga (Abad ke13). Kormak telah melukai Thorvard. Sang penyihir Thordis memberi nasehat kepada Thorvard untuk meminta pertolongan Elf untuk menyembuhkan dirinya. Thorvard mempersembahkan seekor banteng di depan gundukan tanah milik Elf. Thorvard kemudian menyembelih banteng tersebut dan memercikkan darahnya ke sekitar gundukan tanah milik Elf tersebut sebelum mempersiapkan makanan bagi para Elf. Persembahan ini kemudian dikenal dengan nama álfablót atau “Elf’s Sacrifice”. Poetic Edda mengandung beberapa referensi mengenai Elf, namun referensi2 ini tersebar di beberapa bagian, meskioun begitu, keberadaan mereka di mitologi Norse terbilang sedikit. Snorri Sturluson menyebutkan bagaimana para dewa menciptakan dunia tempat tinggal mereka dan membaginya untuk Light Elves (ljósálfar) dan Dark Elves (dokkálfar) atau Black Elves (svartálfar), namun tidak untuk individu Elf itu sendiri. Apa yang kita ketahui mengenai para Elf atau Light Elves adalah bahwa mereka tinggal di salah satu dari 9 dunia, Alfheim. Dewa Vanir, Freyr memiliki istana dan aula di Alfheim, dimana dia bertindak sebagai penguasa. Disebutkan bahwa para dewa memberikan Alfheim kepada Freyr sebagai kompensasi atas hilangnya gigi Freyr (?).

…Alfheim the gods gave to Freyr
in bygone days as tooth-payments.

Grimnir’s Sayings 5, from The Poetic Edda
translated by Carolyne Larrington

Ada beberapa jenis Light Elves seperti muntælfen (Elf gunung), landælf (Elf dataran), wæterælfen atau saeælfen (Nymph air) dan wuduælfen (Roh pohon).

Ada juga jenis Elf yang berbeda dan mereka kelihatannya punya hubungan dengan para kurcaci, karena Snorri mengaitkan Black Elves (svartálfar) sebagai kurcaci atau, mereka bukan Elf sama sekali. Black Elves dan kurcaci juga tinggal di tempat yang berbeda satu sama lain. Mengenai Dark Elves (dokkálfar), Snorri mengatakan bahwa mereka itu lebih hitam dari pitch(?) dan tinggal di bawah tanah. Mereka tidak seperti Light Elves dari segi penampilan dan kebiasaan. Juga harus disebutkan bahwa di Eddaic poem yang berjudul Volundarkvida atau “Lay of Volund”, master pandai besi Volund (Wayland) dikenal sebagai raja para Elf. Tapi Elf yang mana? Atau dia sebenarnya adalah raja pra kurcaci, yang dikenal dengan Black Elves. Fakta bahwa Volund adalah master pandai besi dan pengrajin - kemampuan yang diidentikkan dengan kurcaci, bisa jadi Volund adalah raja para Svartálfar. Volund terkenal di negara2 yang menggunakan bahasa inggris, seperti Wayland. Sebenarnya, penulis mitologi Norse tidak banyak menyebutkan soal Elf. Mereka lebih banyak muncul di folklore, dongeng dan cerita dunia fantasi, seperti dalam Lord Of The Ring karya JRR Tolkien.

Karakter Elf:

Dain
Seorang Elf. Dari informasi yang ada, Dain adalah pemimpin para Elf di Alfheim. Namanya muncul di Havamal, (”Sayings of the High One”), bersama dengan Odin.

Odin for Aesir, and Dain for the elves,
Dvalin for the dwarfs,
Asvid for the giants,
I myself carve some.

Havamal 143, from Poetic Edda
translated by Carolyne Larrington

Mahluk Ajaib Lain
Mereka datang dari dunia roh dan merupakan mahluk ajaib minor.

Jenis-jenis Minor Deities dalam mitologi Norse:

The Disir
Merupakan karakter dengan status yang lebih rendah di mitologi Norse. Mereka berhubungan dengan kesuburan dan bertugas untuk menjaga rumah dan pertanian. Mereka juga membantu wanita di dalam persalinannya. Kata disir berarti divine ladies atau dewi tetapi mereka lebih rendah dari Asyniur. Freyja dikenal sebagai Vanadis, yang berarti “dis para Vanir”. Di sajak Islandia, Sigrdrifumal (”Lay of Sigrdrifa”, yang menjadi bagian dari Poetic Edda), valkyrie Sigrdrifa yang dikenal juga dengan nama Brynhild mengetahui sebuah mantra yang disebut rune penolong:

Helping-runes you must know if you want to assist
and release children from women;
they shall be cut on the palms and clasped on the joints,
and then the dísir asked for help.

Sigrdrifumal 9, from Poetic Edda
translated by Carolyne Larrington

Perayaan tahunan untuk menghormati disir dilakukan pada akhir musim gugur di awal musim dingin, disebut disablót (”Sacrifice of the Dísir”) atau disfest (”Feast of the Dísir”). Mereka juga kemungkinan karakter perempuan yang disebutkan di mantra pertama dari jimat Merseburg, sebagai idisi.

Fylgjur
Roh pelindung berwujud perempuan yang akan bergabung dengan diri seseorang pada hari kelahirannya dan akan bersama terus dengan orang tersebut sampai pada hari kematiannya. Jika orang tersebut meninggal, Fylgja akan pindah ke orang lain. Dipercaya jika mereka tidak bisa dilihat, kecuali jika orang yang mereka lindungi berada dalam bahaya. Mereka biasanya muncul di dalam mimpi. Fylgjur berarti “fetches(?)”. Fetches sangat terkenal di folklore Jerman dan terkadang digunakan di dalam novel horor. Arti lain untuk fetches adalah hantu (”wraiths”) dan doppelgängers.

Einheriar
Einheriar atau Einherjar adalah para ksatria yang gugur di medan pertempuran yang kemudian dibawa oleh para Valkyrie ke aula Odin, menunggu datangnya Ragnarok. Ketika Heimdall meniupkan terompetnya, Gjallahorn, para Einheriar akan bergabung dengan para dewa untuk melawan frost Giant dan monster pimpinan Loki. Tidak semua ksatria yang gugur akan masuk ke Valhalla. Hanya setengah yang memiliki nasib beruntung seperti itu. Sisanya akan masuk ke aula Freyja, yang disebut Fólkvangar (”Battlefield”).

Draugar
Sosok hantu atau mayat hidup (zombie). Mereka sebenarnya bukan hantu pada umumnya. Mereka hanya orang mati yang kebetulan bisa berjalan lagi. Tempat tinggal mereka biasanya di gundukan tanah pemakaman. Tidak seperti Fylgjur, mereka lebih dibenci, seperti wabah penyakit. Mereka terkadang dikatakan memiliki tatapan mata menyala yang menyedihkan. Sosok mereka terlihat membengkak dan berbau busuk. Terkadang mereka terlihat tidak berbahaya, mereka lebih memilih menghantui tempat yang mereka gunakan untuk tinggal. Di lain waktu, mereka bisa lebih serius dalam mencelakai mahluk hidup. Mereka akan menyerang orang atau hewan yang mendekati gundukan mereka, tepatnya pada pertengahan musim dingin. Satu-satunya cara untuk membunuh sesuatu yang sudah mati adalah memenggal kepalanya dan meletakkan kepala itu di bokongnya sendiri ( Apa maksudnya?), sebelum mengkremasi mayat tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar