Search

laman

Jumat, 15 Oktober 2010

The taos Hum

Taos adalah sebuah kota kecil di New Mexico , Kabarnya beberapa orang warga dan pengunjung sering diganggu dengan suara dengungan berfrekuensi rendah dan dikenal sebagai Taos Hum, Anehnya tidak semua orang pernah mendengar suara itu, dan akhirnya suara suara itu dikait kaitkan dengan hal gaib oleh orang2
yang masih percaya hal hal mistis.
Pada saat itu sekitar taon 90 an, kabarnya orang orang semakin banyak yang mendengar suara itu dan menjadi heboh ampe masuk berita katanya. Joe Mullins dan Jim Kelly dari University of New Mexico mengangkat tentang hal itu kedalam makalah yang mereka susun.
misteri Yang Belum TerPecahkan
Kira-kira dari 1400 orang penduduk Taos, hanya sekitar 2 persen yang mampu mendengar dengungan misterius itu. Dengungan Taos (diantara 30 – 80 Hz) dideskripsikan oleh orang-orang yang mengaku dapat mendengarnya mirip dengan suara mesin diesel dalam keadaan menggangur/tak terpakai namun dengan frekuensi yang lebih rendah. Beberapa orang merasa dengugan itu seakan-akan bersumber dari dalam tanah, bukan udara.
Beberapa penelitian yang dilakukan oleh para Ilmuwan, termasuk beberapa diantaranya dari Sandia National Laboratories, bahkan tidak dapat menguak misteri sumber dari dengungan. Sejauh ini, belum ada penjelasan ilmiah bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi. Karena latar belakang itulah fenomena dengungan Taos menjadi 10 besar misteri bumi yang daftarnya sering dimuat oleh beberapa media ilmiah.
Walaupun para ilmuwan belum dapat menguak sumber denggungan itu bersasal, bukan berarti penelitian mereka tidak menghasilkan apa-apa. Para ilmuwan menemukan suatu fakta lapangan yang menyebutkan bahwa beberapa penduduk yang kerap mendengar dengungan Taos sering mengalami permasalah pada diri mereka. Permasalahan tersebut menyangkut gangguan fisik seperti sakit kepala, mual, gangguan pendengaran,dll serta beberapa gangguan-gangguan mental. Penelitian lebih lanjut mengatakan efek destruktif yang dapat ditimbulkan dari frekuensi lemah ini terhadap para korbannya ialah kekacauan pada sistem saraf tubuh dan otak sehingga implus-implus sensori tidak dapat berfungsi dengan baik.
Suatu teori mengatakan bahwa sebenarnya sumber dengungan Taos berasal dari U.S. Navy’s ELF (extra-low frequency) Communications System yang biasa digunakan pihak kemiliteran AS sebagai alat komunikasi dengan armada kapal selamnya. Namun demikian, pihak kemiliteran AS justru tidak menerima teori tersebut.
Taos bukanlah merupakan satu-satunya kota yang dikabarkan sering terdengar dengungan misterius semacam ini. Tercatat beberapa wilayah di Amerika Serikat, mencakup Alaska dan Hawaii juga sering berdatangan laporan mengenai dengungan-dengungan misterius. Salah satu wilayah di Amerika Serikat yang dikabarkan sering menerima laporan menyangkut dengungan misterius ialah southwestern U.S., Pacific Northwest dan Southeastern States. Di seluruh dunia, negara-negara seperti Inggris Raya, Swedia, Italia, dan Meksiko dikabarkan terdapat daerah-daerah yg memiliki fenomena misterius seperti di kota Taos. Di Inggris Raya, fenomena tersebut dikenal dengan sebutan The Bristol Hum karena dilaporkan kerap terjadi di wilayah Bristol.
Namun ternyata ada laporan bahwa suara ini ternyata terdengar juga disebagian belahan bumi yang lain, Beberapa orang coba untuk menjawab tentang suara itu, contohnya pada tahun 2009 kemarin Beberapa ilmuwan mengaku berhasil memecahkan misteri ini…..
Pada Journal Geophysical Research Letters, sekelompok peneliti mengaku telah berhasil memecahkan misteri ini. Menurut mereka, suara dengungan ini dihasilkan oleh benturan gelombang laut, namun bukan gelombang laut yang memecah pantai seperti yang kita kenal. Gelombang yang dimaksud adalah gelombang laut yang berbenturan dengan dasar samudera. Dan menurut mereka, pantai Pasifik di Amerika Utara adalah sumber dengungan terkuat.
Suara dengungan ini tercipta ketika dua gelombang berfrekuensi sama, namun berbeda arah, bertemu. Mereka lalu saling berbenturan dan menciptakan gelombang tekanan tertentu yang kemudian bergerak dengan kecepatan tinggi ke arah dasar Samudera.
Ketika ia mencapai dasar samudera, gelombang itu akan menabrak bebatuan dan menyebabkan vibrasi yang menghasilkan suara berfrekuensi rendah. kenapa manusia bisa menangkap frekuensi suara sedemikian kecil itu? itulah sekian banyak hal yang belum mampu di definisikan oleh sains.
Banyak hal lain yang sangat asing tentang Lingkungan di seluruh dunia, dan banyak pula yang sudah kita ketahui bersamaa (mungkin juga artikel ini). Dan jika kita ingin mengetahui hal itu kita harus berani memimpikan arti sesungguhnya dari rahasia tersebut, karena jika dalam mimpi saja kita takut apalagi dalam kenyataan.
http://mimpibukancumakunci.blogdetik.com/2010/04/20/undefined-strange-phenomenon-taos-hum/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar