Search

laman

Sabtu, 21 Agustus 2010

Kumpulan hantu jepang (part 2)

Onryou
Onryou : A vengeful ghost.

Onryou adalah hantu yang menaruh dendam kepada orang lain pada semasa hidupnya dan biasanya setelah meninggal ia akan gentayangan untuk membalas dendam kepada orang-orang tersebut. Penampakan Onryou biasanya digambarkan sebagai berikut :

1. Rambut panjang terurai.
2. Memakai kimono putih.
3. Pergelangan tangan menjuntai ke bawah.
4. Biasanya kaki tak tampak menginjak tanah. 

Tengu
Tengu : The infamous bird-man demon of the mountains.

Tengu adalah makhluk dalam legenda Jepang. Salah satu Kami penunggu gunung, atau youkai yang erat hubungannya dengan burung elang atau gagak. Pakaiannya mirip dengan pakaian pendeta yamabushi yang menempa diri di hutan dan gunung. Tengu memiliki hidung yang panjang, wajahnya merah, memiliki sepasang sayap, serta kuku kaki dan tangan yang sangat panjang. Tengu bisa terbang bebas di angkasa sambil membawa tongkat yang disebut kongouzue, pedang besar (tachi), dan kipas berbentuk daun (hauchiwa). Pekerjaannya menghalangi orang yang ingin mendalami agama Buddha. Nama lainnya adalah Gehou-sama (tuan sihir).
Dalam bahasa Jepang dikenal ungkapan “Tengu ni naru” yang berarti “sangat bangga dengan diri sendiri”. Ungkapan ini kemungkinan berasal dari ungkapan “hana ga takai” (hidungnya tinggi).

Tengu berhidung panjang seperti dikenal orang zaman sekarang merupakan hasil penggambaran orang pada abad pertengahan. Dalam cerita Konjaku Monogatari-shuu, Tengu digambarkan bisa berlari di udara, dan sebagai hantu berbentuk burung rajawali yang membuat orang kerasukan. Penggambaran tersebut diperkirakan mengambil model dari hantu Temma dalam konsep agama Buddha yang digambarkan berbadan manusia dan memiliki sepasang sayap.

Zashiki-Warashi
Zashiki-Warashi : A protective child-like house spirit.

Zashiki-Warashi adalah hantu yang berwujud anak-anak yang seringkali nakal daripada membahayakan. Hantu ini bisa juga disebut Zashiki-Bokko. Zashiki bisa diartikan sebagai penutup lantai rumah atau tatami sedangkan Warashi adalah hantu anak-anak. Penampakan Zashiki-Warashi adalah seperti anak kecil yang berusia sekitar 5 atau 6 tahun. Berambut cepak dan berwajah merah. Apabila di Indonesia hantu seperti ini disebut tuyul. Biasanya hantu anak-anak ini berkeliaran di sekitar rumah dan hantu ini mencari perhatian dengan cara yang bermacam-macam, seperti meninggalkan jejak kaki di lantai, membunyikan musik di ruang tamu atau tiba-tiba duduk di atas futon. Hantu ini paling senang menampakkan diri pada anak kecil. Mungkin karena usia mereka sebaya.
Zashiki-Warashi termasuk jenis obake berwujud anak laki-laki meskipun dia kadang-kadang nakal dan suka mengisengi penghuni rumah, ia tidak berbahaya, bahkan pembawa keberuntungan dalam rumah yang ditinggalinya. Maka bersikap manislah kepadanya, soalnya jika ia pergi, keberuntungan rumah kalian pun akan ikut pergi juga.

Ao-bouzu
Ao-bouzu (Green Monk) : The blue monk who kidnaps children.

Nama lain : Me-hitotsu-bou.
Ketika gandum mulai berbuah, sesosok biksu dengan kulit berwarna hijau diceritakan akan muncul dari balik rerimbunan tanaman gandum yang masih berwarna hijau. Anak kecil yang dalam perjalan pulang melewati persawahan akan diculik oleh mahluk ini.
Sekien Toriyama menggambarkan mahluk ini seperti sesosok cyclops (raksasa dalam mithologi yunani), berkulit hijau mungkin saja dia terinspirasi oleh siluman lain yang berwujud seperti biksu. Karena biasanya di jepang, siluman yang mempunyai wujud seperti biksu hanya memiliki satu buah mata.

Azukiarai
Azuki Bean Washer : A spirit that makes the sound of azuki beans being washed.

Jauh dibawah air terjun pegunungan di seluruh jepang, anda mungkin bisa mendengar suara youkai - shoki shoki, seperti suara seseorang yang sedang mencuci kacang merah azuki, kadang juga terdengar nyanyian.
“Azuki togou ka, hito totte kuo ka, shoki shoki”
“haruskah aku mencuci kacang azuki miliku atau aku harus menculik seseorang untuk kumakan? shoki shoki?”
Walau nyanyiannya terdengar menakutkan, nyatanya Azukiarai adalah mahluk yang sangat pemalu yang hanya mengganggu manusia dengan suara suara anehnya, tetapi jika ada orang yang berani mengganggunya, maka orang tersebut bisa ditenggelamkannya. Azukiarai sangat jarang terlihat, biasanya wujudnya menyerupai anak kecil, orang tua cebol atau nenek-nenek yang sangat pendek.

Basan
Basan (Giant Chicken) : A large fire-breathing chicken monster.

Berkokok di puncak gunung di sekitar perfektur ehime, di siang hari monster berbentuk unggas ini bersembunyi diantara hutan bamboo tetapi pada malam hari ia keluar dan berkeliling di sekitar perkampungan penduduk, bersuara aneh seperti “basabasabasa” berisik sehingga menimbulkan rasa penasaran orang untuk menengok keluar jendela, dan mereka tak akan melihat apa-apa diluar sana. Basan disecritakan juga bisa menyemburkan nafas api tetapi belum diketahui apakah mahluk ini berbahaya bagi manusia atau tidak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar