Search

laman

Selasa, 14 September 2010

earthquake light.

Pada tanggal 12 Mei 2008, sebuah fenomena di langit berupa semburat cahaya aneh mirip awan yang berwarna-warni terlihat. Fenomena terlihat 10 menit sebelum gempa Sichuan terjadi, di Meixian, Provinsi Shaanxi, China, 550 km timur laut dari pusat gempa. Peristiwa aneh ini juga terlihat di Tianshui yang terletak 200 km sebelah barat Meixian.


Apa sebenarnya peristiwa ini? Sebuah keajaibankah? Atau sebuah pertanda akan terjadinya bencana?
Bagi Anda yang tidak bisa melihat videonya di bagian akhir posting, di bawah ini saya perlihatkan beberapa gambar capture, sebelum saya bersotoy ria membahas mengenai fenomena ini.


Cahaya berwarna-warni itu memang mirip dengan semburat aurora, terlihat jauh di angkasa.
Apa sih sebenernya fenomena menarik ini? Setelah nyasar di Wikipedia.org, pada entri aurora, akhirnya saya dapet juga nih yang mungkin lebih pas, dan bisa dibagikan di sini.

Fenomena ini disebut sebagai earthquake light. Fenomena ini muncul biasanya ketika gempa sedang berlangsung atau sebelum gempa terjadi. Fenomena ini juga muncul di beberapa peristiwa gempa lainnya, seperti gempa di Tangshan (China) tahun 1976, di Idu (Jepang) tahun 1930, dan di Peru pada tahun 2007.

Mengapa bisa muncul fenomena seperti ini? Sejauh ini belum ada penjelasan saintifik yang bisa dijadikan patokan, namun beberapa teori ini bisa diajukan:(1) Pelepasan muatan listrik plasma yang disebabkan oleh pelepasan gas-gas dari perut bumi ke udara, (2) Kacaunya medan magnet bumi dan/atau ionosfir di daerah dengan tekanan tektonik, yang menyebabkan terlihatnya cahaya, (3) Terjadinya medan listrik dari peristiwa piezoelekrikal, karena batu-batuan kwarsa menyusut dan mengembang oleh gerakan tektonik. Dalam piezoelektrikal dijelaskan jika suatu materi (biasanya kristal) menyusut dan mengembang, maka akan terjadi peristiwa listrik.

Walaupun secara saintifik penyebab fenomena ini belum bisa dipastikan, mudah-mudahan jika kita menyaksikan fenomena ini tidak terjeremus ke hal-hal mistik.

Di bawah ini adalah video dari YouTube.com yang bisa Anda saksikan, tentang earthquake light yang muncul sebelum gempa Sichuan terjadi.
http://www.youtube.com/watch?v=hzVamNQzfYA&feature=player_embedded
http://anunyaanu.blogspot.com/2009/04/misteri-cahaya-aneh-di-langit.html

3 komentar:

  1. Salam mudik 2010!
    Hemm, adakah hubungannya dengan HAARP di negeri om Sam sana??

    Nice post!

    BalasHapus
  2. Saya rasa ada hubungannya di karenakan saat di kutub utara yang "DIKATAKAN" merupakan tempat dari HAARP terdapat pula aurora

    BalasHapus